Senin, 24 November 2014

Akuntansi

Akuntansi adalah suatu aktivitas jasa dengan kegiatan mengidentifikasikan, mengukur, mengklasifikasikan, dan mengikhtisarkan kejadian atau transaksi ekonomi yang menghasilkan informasi kuantitatif terutama yang bersifat keuangan yang digunakan dalam mengambil keputusan. seringkali dinyatakan sebagai bahasa perusahaan yang berguna untuk memberikan informasi yang berupa data-data keuangan perusahaan yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
Setiap perusahaan memerlukan dua macam informasi tentang perusahaannya yaitu informasi mengenai nilai perusahaan dan informasi mengenai laba/rugi. kedua informasi tersebut bermanfaat untuk mengetahui besarnya modal yang dimiliki perusahaan, mengetahui perkembangan atas maju atau mundurnya perusahaan, sebagai dasar untukperhitungan pajak, menjelaskan kondisi perusahaan jika sewaktu-waktu memerlukan pinjaman dari pihak lai atau bank, dasar untuk menentukan kewajiban yang ditempuh, menarik minat investor saham jika perusahaan berbentuk perseroan terbatas. 
Dalam ilmu akuntansi, telah berkembang bidang-bidang khusus dimana perkembangan tersebut disebabkan oleh meningkatnya jumlah dan ukuran perusahaan serta peraturan pemerintah. Adapun bidang-bidang akuntansi yang mengalami perkembangan adalah sebagai berikut, 
  1. Akuntansi manajemen (Management Accounting)
  2. Pemeriksaan Akuntansi (Auditing)
  3. Akuntansi Perpajakan ( Tax Accounting)
  4. Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)
  5. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)
  6. Sistem Akuntansi (Accounting System)
masih banyak lagi bidang akuntansi yang masih dalam masa perkembangan dengan seiring berjalannya waktu dan pesatnya kemajuan teknologi.
keguanaan dari informasi akuntansi adalah untuk membuat perencanaan yang efektif, sekaligus mengadakan pengawasan serta pengambilan keputusan ekonomi yang tepat untuk manajemen. Begitupula sebagai pertanggungjawaban entitas kepada para investor, kreditor, pemerintah dan pihak-pihak lainnya yang membutuhkan infromasi akuntansi ini.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda